Day 24: The forgotten Turing

2014editionHari ini kami menonton film The Imitation Game yang diangkat dari kisah nyata Alan Turing, pakar matematika dari Universitas Cambridge dan seorang code breaker dari Inggris. Turing dan teamnya berhasil memecahkan kode Enigma Jerman sehingga perang Sekutu melawan Jerman dapat selesai lebih cepat.

Ia adalah sosok yang unik, pintar, sulit bergaul dengan manusia tapi sangat akrab dengan angka-angka. Karenanya ia tampak seperti manusia tanpa perasaan. Misalnya ketika ia berhasil memecahkan kode rahasia rencana penyerangan Jerman, tetapi informasi ini ditahannya karena tidak ingin Jerman mengetahui bahwa kode Enigma sudah terpecahkan. Ia ingin Jerman terus menggunakan Enigma sehingga lebih banyak informasi yang didapatnya. Sementara itu, kakak dari salah seorang anggota teamnya ada di kapal perang yang menjadi sasaran Jerman. Walaupun temannya sudah memohon kepada Turing untuk menyampaikan informasi ini ke kapal perang kakaknya tapi Turing tetap bergeming. Sudah bisa dibayangkan bahwa kapal perang itu pasti tenggelam dibom Jerman. Di sini Turing memainkan peran sebagai Tuhan yang tidak berbelas kasih, playing God, penentu hidup mati seseorang.

Sekutu akhirnya menang atas Jerman. Turing pun terlupakan, perannya tidak diketahui publik karena pekerjaannya memecahkan kode Enigma selama perang termasuk kategori rahasia. Kelak ia diakui sebagai bapak komputasi modern. Mesin Turing yang ia ciptakan di Universitas Manchester pada tahun 1949 merupakan dasar dari ilmu artificial intelligence.

Akhir hidupnya sangat tragis. Ia bunuh diri pada 7 Juni 1954, 16 hari sebelum ulangtahunnya yang ke 42, setelah dihukum karena orientasi seksualnya sebagai homoseksual yang pada masa itu dianggap sebagai aksi kriminal di Inggris. Pada tahun 2009 PM Gordon Brown dari Inggris menyampaikan permintaan maaf terbuka kepada Turing, dan pada 2013 Ratu Elizabeth II memberinya pengampunan penuh.

Tidak ada yang abadi di dunia ini, dan semuanya mengenai persepsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: